Minggu, 18 Desember 2011

Anggur

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Tinjauan Teoritis

2.1.1 Pengertian Anggur

Anggur merupakan komoditi yang dapat menambah nilai tambah, anggur juga dapat dikonsumsi sebagai jus anggur, minuman (wine), atau bisa dikonsumsi langsung bersamaan dengan kulitnya. Dalam dunia kedokteran, anggur sangat penting yaitu sebagai anti mikroba, antioksidan dan sebagainya.

Menurut Departemen Pertanian RI, hanya ada beberapa jenis anggur di Indonesia yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca. Varietas dari Vitis vinifera yang banyak di Indonesia adalah anggur Probolinggo biru atau anggur bali dan Probolinggo putih. Sedangkan, Vitis labrusca yang dapat tumbuh di Indonesia yaitu varietas Isabella.

Pada tahun 1870, Dr. John Harvey Kellog, memberikan resep anggur untuk berbagai penyakit. Untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, lemah jantung, dan masalah kulit, ia hanya memberikan resep makan buah anggur dengan takaran tertentu.

Di tahun 1928, Dr. Johanna Brandt, seorang naturopatis dari Afrika Selatan, “mencurigai” buah anggur memiliki sesuatu yang istimewa bagi kesehatan, termasuk mengatasi kanker.

2.1.2 Klasifikasi Anggur

Secara taksonomi, buah anggur di klasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Plantae (tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)

Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)

Sub Kelas : Rosidae

Ordo : Rhamnales

Famili :Vitaceae

Genus : Vitis

Spesies : Vitis vinifera L

2.1.3 Morfologi Tanaman Anggur

Daun tunggal yaitu satu helai daun pada satu tangkai daun, tersusun berseling (alternate), warna hijau, bentuk bangun daun bulat atau bundar (orbicularis) hingga jorong, panjang 10 - 16 cm, lebar 8 - 14 cm, helaian daun tipis tegar, pangkal berlekuk (emerginatus), ujung daun meruncing (acuminatus), daun-daun yang bertulang menjari (palminervis) , tepi bergigi runcing (dentatus) dan tepi daun berlekuk berdasarkan dalamnya toreh , biasanya memiliki 5 lekukan, permukaan berbulu (pilosus). Struktur daun tanaman anggur mempunyai helaian daun, tangkai daun dan sepasang daun penumpu.

Batang merupakan bagian dari tubuh tanaman yang amat penting sebagai alat pembentuk dan pembawa daun. Batang tanaman anggur beruas-ruas, berbuku-buku serta berkayu. Tanaman anggur termasuk tumbuhan berbentuk semak yaitu tumbuhan yang tak seberapa besar, batang berkayu, bercabang-cabang dekat dengan permukaan tanah. Tanaman berumur panjang (perenial) dan panjang kurang lebih 8 m. pesifikasi batang tanaman anggur tumbuh memanjat (scadens), yaitu batang tumbuh ke atas dengan menggunakan penunjang. Penunjang dapat berupa benda mati ataupun tubuhan lain, dan pada waktu naik ke atas batang menggunakan alat-alat khusus untuk “berpegangan” pada penunjang ini, tumbuhan anggur dengan cabang pembelit (sulur dahan). Fungsi sulur (sirrus) sebagai alat pemanjat. Sulur pada tanaman anggur letaknya berhadap-hadapan atau berseling dengan daun dan bersifat terputus, artinya dua helai daun yang letaknya berdekatan masing-masing bersulur, sedangkan daun yang berikutnya tidak bersulur.

Struktur batang dan percabagannya terdiri atas batang utama, cabang primer, cabang sekunder dan cabang tersier yang akan menghasilkan cabang bunga dan buah. Setiap buku batang mempunyai mata tunas. Kulit batang dan cabang yang masih muda berwarna hijau tetapi setelah tua berubah hijau kecokelat-cokelatan dan cokelat. Cabang bermata tunas dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara vegetatif.

2.2 Pembahasan

2.2.1 Jenis-jenis Buah Anggur

Anggur termasuk jenis tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis marga Vitis bisa dimakan, yang bisa dimakan hanya jenis Vitis vinifera dan Vitis labrusca.

1. Jenis Buah Anggur Vitis vinifera mempunyai karakteristik sebagai berikut :

· Buahnya berukuran kecil

· Kulitnya tipis

· Dikonsumsi sebagai buah segar dan manis

· Dapat beradaptasi baik di dataran rendah sampai ketinggian 300 meter di atas permukaan laut dengan iklim yang kering lebih dari tiga bulan.

· Varietas buah anggur Vitis vinifera yaitu Gros Colman, Probolinggo Biru, Situbondo Kuning, Golden Champion, Sultana dan Muscat.

2. Jenis Buah Anggur Vitis labrusca mempunyai karakteristik sebagai berikut :

· Buahnya berukuran besar

· Kulitnya tebal

· Mempunyai rasa yang khas yaitu rasa asam dan tidak segar

· Dapat beradaptasi di dataran yang rendah sampai dataran tinggi pada ketinggian 1000 m dengan iklim kering sampai lembab atau kurang dari tiga bulan kering.

· Varietas buah anggur Vitis labrusca yaitu White Malaga, Isabella, Beacon dan lain-lain.

2.2.2 Macam-macam Buah Anggur

1. Anggur Merah

Buah anggur merah umumnya dimanfaatkan untuk dijadikan minuman anggur melalui proses fermentasi. Minuman yang menggunakan anggur merah yaitu jenis red wine dan rose wine. Minuman anggur telah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi dam menjadi minuman menghangatkan dan cocok untuk masyarakat yang tinggal di daerah dingin. Meskipun anngur merah ini banyak mengandung alkohol, tetapi manfaat anggur merah ini sangat tinggi.

Khasiat buah anggur merah yaitu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama untuk penyakit jantung dan untuk menjaga kecantikan.

Kandungan Anggur Merah

Buah anggur merah dikenal banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizinya cukup besar dalam anggur merah yaitu karbohidrat 10,5 gram, lemak 6,2 gram, kalsium 16 mg, fosfor 24 mg, zat besi 0,8 mg, dan niacin 0,9 mg.

Vitamin yang terkandung dalam buah anggur merah antara lain vitamin A sebanyak 70 RE, vitamin C 13 mg, sedangkan vitamin B1 dan B2 0.05 mg, kandungan energi dalam anggur merah cukup tinggi yaitu sekitar 93 kalori.

Buah anggur merah juga mengandung magnesium yang berguna dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi buang air besar. Buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan kerja ginjal, menjaga fungsi kandung kencing, dan menenangkan sistem saraf.

Meskipun buah anggur merah ini banyak manfaatnya, dan sangat baik untuk menjaga kesehatan, tetapi buah anggur merah ini bersifat basa sehingga tidak baik untuk tubuh. Jadi mengkonsumsi buah anggur merah ini tidak boleh berlebihan.

2. Anggur Hijau

Anggur hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid, antosianin, dan resveratol. Anggur hijau dapat meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, resiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur hijau juga banyak mengandung antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat dari pada vitamin C dan vitamin E. Dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar dalam darah.

3. Anggur Hitam

Buah ini banyak sekali mengandung vitamin C dan kaya akan zat antioksida. Dalam penelitian anggur hitam ini kaya akan vitamin, mineral, dan zat antioksida dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Buah anggur hitam juga bisa dibuat jus. Jus anggur hitam ternyata tak hanya menyegarkan saat diminum. Namun, memiliki banyak manfaat n=untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko pembekuan darah. Sebanyak 150 ml jus anggur hitam mencakup 102 kalori dan gula 24 gr.

Catechin dan resveratrol yang terdapat dalam kandungan anggur hitam, diyakini membantu menjaga elesatis arteri dan mengalirkan darah sehingga mengurangi risiko pembekuan darah.

4. Anggur Ungu

Buah anggur ungu mengandung resveratrol, sejenis agen anti-pengoksidaan. Jus anggur ungu memberikan manfaat sebagai berikut :

· Anti penuaan

· Anti ibflamasi

· Kelenturan arteri

· Pencegahan kanker prostat

· Antio bakteria dan anti virus

· Memberikan kesehatan otak, kulit dan mata

Jadi, buah anggur baik yang merah, hijau, ungu atau hitam kaya akan flavanoid yaitu zat anti radikal bebas.

2.2.3 Manfaat dan Khasiat Buah Anggur

Berikut beberapa manfaat dari buah anggur

1. Membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah, metabolisme lemak, pembentukan jaringan ikat dan tulang.

2. Bermanfaat pembuatan kolagen, pengangkutan lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemacu gusi sehat, pengatur tingkat kolesterol, pemicu imunitas, penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

3. Membantu pembentukan protein, hormon, sel darah merah, dan berfungsinya sistem saraf.

4. Mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta membersihkan karbondioksida di dalam darah.

5. Memicu kerja otot dan simpul saraf, memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh, sehingga konsumsi anggur membuat tubuh menjadi segar.

6. Mengatasi kelelahan dan hipoglikemia.

7. Membantu penyembuhan berbagai jenis kanker, mencegah serangan jantung dengan cara memperlancar aliran darah dan menyingkirkan plak lemak pada dinding pembuluh darah, serta sebagai obat antivirus.

8. Mencegah dan membantu pencegahan infeksi virus seperti influenza, polio dan herpes simpleks tipe 1, serta mereduksi risiko penyakit stroke.

9. Antimikroba yang baik.

10. Mengatasi hipertensi dan mengatasi susah tidur.

11. Dipercaya sebagai afrodisiak.

Selain buahnya yang bermanfaat. Biji, daun dan ranting anggur juga berkhasiat. Biji anggur mengandung lemak tak jenuh ganda dengan kandungan flavonoid tinggi yang digunakan untuk pengobatan varises dan gangguan vena lainnya, termasuk memperbaiki aterosklerosis.

Daun anggur juga berkhasiat sebagai astrigen (zat yang mempunyai kemampuan mengerutkan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi) dan anti radang. Selain itu daun anggur juga bisa untuk pengobatan seperti :

· Varises

· Wasir (hemoroid)

· Rapuhnya pembuluh darah halus

· Tekanan darah tinggi

· Kadar kolesterol tinggi

· Gangguan berkemih

· Sindrom menopause

Daun anggur yang diseduh air panas juga dapat digunakan untuk obat diare, juga bisa digunakan untuk berkumur pada sariawan, radang gusi dan sakit tenggorokan. Abu dan ranting anggur dibakar bisa membersihkan gigi yang hitam. Rantingnya juga berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik) sama seperti daunnya.

Khasiat anggur untuk kesehatan diantaranya :

1. Asma

Anggur mempunyai daya asimilasi yang baik untuk meningkatkan kelembapan paru-paru.

2. Antibakteri

Anggur memiliki kandungan bakteri dan antivirus yang kuat sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi.

3. Kanker Payudara

Jus anggur, terutama jus anggur ungu dapat mencegah kanker payudara dan mampu mengurangi masa tumor pada payudara.

4. Sembelit

Anggur mengandung asam organik, gula dan selulosa yang mampu dijadikan sebagai obat pencahar dan dapat meringankan sembelit yang kronis serta dapat membersihkan usus dan perut.

5. Keletihan

Jus anggur mengandung energi instan , dan kaya akan zat besi sehingga dapat mengurangi rasa letih.

6. Migran

Minum jus anggur di pagi hari dapat menyembuhkan migran.

7. Ganguan Pencernaan

Buah anggur dapat meringankan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.

8. Alzheimer

Anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan mampu menghindari penyakit Alzheimer. Hal ini karena anggur mengandung resveratrol yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

Jadi, tidak diragukan lagi manfaat dah khasiat dari buah anggur untuk kesehatan tubuh kita.

2.2.4 Kandungan Gizi Buah Anggur

Kandungan gizi atau nutrisi buah anggur per 100 gram.

Kandungan

Jumlah

Energi

288 kJ (69 kcal)

Karbohidrat

18.1 g

Gula

15.48 g

Serat pangan

0.9 g

Lemak

0.16 g

Protein

0.72 g

Vitamin B1

0.069 mg (5%)

Vitamin B2

0.07 mg (5%)

Vitamin B3

0.188 mg (1%)

Pantothenic acid (B5)

0.05 mg (1%)

Vitamin B6

0.086 mg (7%)

Vitamin B9 (Folate)

2 mg (1%)

Vitamin B12

0 mg (0%)

Vitamin C

10.8 mg (18%)

Vitamin K

22 mg (21%)

Calsium

10 mg (1%)

Iron

0.36 mg (3%)

Magnesium

7 mg (2%)

Manganese

0.071 mg (4%)

Phosphorus

20 mg (3%)

Potassium

191 mg (4%)

Sodium

3.02 mg (0%)

Zinc

0.07 mg (1%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar